Penyebab Knalpot Motor GP Sering Mengeluarkan Api

Posted by

Penyebab Knalpot Motor GP Sering Mengeluarkan Api

Bagi Anda yang sering melihat aksi motor GP di salah satu acara stasiun televisi, Anda pasti sering memperhatikan knalpot motor GP yang sering mengeluarkan api. Biasanya api keluar ketika motor digunakan untuk bermanuver di suatu tikungan tajam. Meskipun demikian, motor GP yang mengeluarkan api tidak menepi atau tidak mengalami permasalahan tertentu. Lantas apa yang menyebabkan knalpot mengeluarkan api?

Back fire dan After Fire

Kejadian munculnya api dari knalpot motor balap merupakan hal yang lumrah dan dapat dijelaskan secara mekanikal. Pada umumnya, api yang keluar dari knalpot bisa disebut dengan back fire dan after fire. Keduanya nampak sama, tapi sebenarnya memiliki perbedaan.

After fire terjadi saat mesin dimatikan setelah digeber pada putaran mesin yang tinggi. Sedangkan back fire dapat terjadi kapan pun. Back fire ini terjadi karena terdapat sejumlah bahan bakar yang keluar pada saat gas ditutup secara mendadak. Adanya tekanan negatif pada ruang bakar mengakibatkan bahan bakar yang belum terbakar akhirnya terbakar.

Proses Pembakaran dalam Knalpot

Dalam proses pembakaran, terdapat tiga fakrot dasar, yaitu bahan bakar, oksigen, serta titik api. Berkaitan dengan titik api, bisa diciptakan dari leher knalpot yang panasnya mampu mencapai 100 derajat Celcius. Adapun oksigen pada knalpot bisa diperoleh dari tendangan balik atau blowback yang mampu memasukkan oksigen ke dalam knalpot.

Ketika mesin ditutup secara mendadak, maka akan masih ada bahan bakar yang tersisa dan belum sempat terbakar. Karena adanya titik api dari leher knalpot serta oksigen dari tendangan balik, maka dapat terjadi proses pembakaran di dalam knalpot. Proses pembakaran dalam knalpot ini juga menghasilkan suara ledakan yang cukup keras, di mana jika merupakan proses back fire, biasanya suara ledakan hanya sekali. Adapun jika merupakan proses after fire, biasanya suara ledakan yang dihasilkan berkali-kali.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa munculnya api pada knalpot motor GP merupakan proses pembakaran bahan bakar yang masih tersisa di dalam knalpot. Meskipun demikian, untuk mencegah kerusakan pada knalpot akibat suhu yang terlalu panas, maka perancang motor balap biasanya menggunakan titanium sebagai bahan dasar knalpot.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *